Monday, July 15, 2019

Peringkat terakhir di sekolah tapi dapet UI ? Emang bisa ?

Akhirnyaaa update juga ya bal , hahahaha. Di tengah kesibukan pada masa akhir SMA gua menyempatkan diri untuk update blog yang udah sepi ini. Niat gua sih biar ga terlalu boring aje nih blog.

Sebenernya gua update blog ini cuma mau memberikan kabar bahagia , tapi gua pengen menyampaikannya dengan cara yang tidak terlalu mainstream. Jadi gua mau ceritain perjalanan masa-masa SMA gue, dari jaman baru masuk sampai saat ini. Semoga asik ya , hahahaha.

Kalo lo mau liat gimana perjalanan masa-masa SMP gue, lo bisa liat ceritanya dibawah ini ya, biar agak tau background cerita gue (walau ga penting sih).



  Perkenalan Part 1

Part selanjutnya bisa next next gitu kalo ga salah si.

Jadi awal banget masuk SMA itu, asik. Gua masuk di jurusan IPS dan anak-anak IPS itu asik asik, bukan mitos loh ternyata (walaupun anak IPA juga asik sih). Gua menjalani kehidupan layaknya anak SMA lain. Berangkat-belajar-maen-pulang-repeat. 


Kehidupan berjalan normal sampai pada suatu titik, gua berpikir kayanya gua ga kuat deh belajar pelajaran IPS, karena mostly ngapal dan ngga gue banget. Dan memutuskan untuk pindah jurusan ke IPA setelah 5 bulan di IPS (karena ada kesempatan juga waktu itu). Dan fast forward, gua masuk IPA.

Setelah masuk IPA-pun , hidup tetap ga berjalan sesuai ekspetasi. Ternyata di IPA pun kita masih harus ngapal, atau bahkan lebih gokil lagi ngapalnya. And it was at this moment he knew, he fuck*d up. 

Bulan pertama di IPA , Hancur lebur saudara-saudara. Semuanya yang busuk busuk gua alamin, mulai dari digoblok-goblokin guru sendiri, sampai ancaman ga naik kelas pun gua terima. 

Pernah suatu ketika, pelajaran matematika entah minat atau wajib ga jelas. Gua bener-bener kaga ngarti ini guru ngejelasin apaan, tiba tiba gua disuruh maju. Gua yakin ni guru tau gua kaga bisa, tapi ya u know. she's not necessarily think i can do it, she's just want me to looks stupid, perhaps. Mungkin terdengar jahat sekali, tapi percayalah ini yang terjadi.


Gua bahkan sampai dapet peringkat paralel IPA 215/218, that's just show you how messed i am.
 
Dan semuanya gua terima dengan lapang dada. But luckily, i was survived....kinda.

Naik ke kelas 11, keadaan sedikit membaik(ga begitu sih), at least udah sedikit bisa bersaing walau yaaa gitu deh ya. Makasih juga buat temen sebangku gue yang udah ngenalin gue ke zenius education lewat blognya waktu itu. Trus tiba-tiba gua tertarik buat langganan langsung setahun.

kelas 12 huahahaha, membaik sedikit demi sedikit. Walau semuanya sebenernya udah terlambat kalo buat ngejar SNMPTN sih. Akhirnya gua berusaha berdamai dengan diri gue, buat paham bahwa gua ga cukup beruntung buat dapet jalur undangan. gapapa dahhh yaaa. Dan mulai fokus buat ngejar SBM lebih awal, sekitar bulan november.

Pengumuman SNMPTN ya seperti perkiraan, bahkan untuk masuk kuota 40 % aja gue endgame. Dan gua cuma bisa mengucapkan selamat kepada teman-teman yang dapat kesempatan buat ikut SNMPTN , you're best of the best. Gua sejujurnya salut sama mereka yang bisa pertahanin atau bahkan naikin nilai, gue si kaga bisa. Tapi ya sekali lagi, setiap tulisan punya cerita yang digoreskan dengan tinta yang berbeda.

Setelah pengumuman SNMPTN keluar, dan ngeliat temen-temen sendiri udah punya tempat kuliah bahkan sebelom SMA mereka kelar. Instastory selamat bertebaran dimana-mana, dan untuk menghindari diri gue dari dengki gua memutuskan untuk hiatus instagram, dan fokus belajar SBMPTN.

Belajar SBMnya gua selingi dengan persiapan UN juga.

Sebulan menuju UTBK, mulai gua naikan intensitas belajarnya. Biar ga stress kadang gua belajar sambil gitaran, nyanyiin lagu galau, kaga ada hubungannya si tapi yaudah lah ya. 

Sebenernya lebih asik belajar bareng si, tapi ya karena belajar bareng adalah sebuah keniscayaan yang fana , akhirnya gua mengurungkan niat dan belajar sendiri pake zenius. thanks to zenius education(lagi) btw hehe. 

Seminggu menjelang UTBK gelombang 1, gua malah sibuk nontonin video perang dunia ke-2 dan baru sadar tersisa 3 hari sebelum UTBK. Belajar lagi dehh.

Oh iya, TO juga penting si. Gua kadang kalo lagi gabut, cari Tryout SBM yang gratis aja kadang dari bimbel offline atau darimana gitu. Ya ngaruh dikit dikit mah, buat persiapan mental doang.

Saat itu, gua udah kaga peduliin apa yang terjadi di sekolah, Ujian sekolah, Ujian Nasional semua gua skip demi sbm awkoak. Tapi kalo ada yang ajak belajar UN bareng gua mah ikut ikut aja ya kan. 

UTBK 1 pun dimulai, gua kebagian tempatnya di FT UI Depok. Sayangnya, tempatnya ga terlalu mendukung buat gua yang ga suka dingin. ACnya nyala dingin banget langsung ke kepala gue. Alhasil gua pusing selama ngerjain UTBK. UTBK 1 pun ga terlalu maksimal, skor rata-rata 8 sub test 621an kira kira.

UTBK 1 ke UTBK 2 gue cuma berjarak 2 minggu, gue pun cari cara gimana 2 minggu biar bisa optimal. Hiatus instagram gue akhirnya gue perpanjang. Dan gue nyoba bongkar soal soal SBM tahun tahun lalu selama 1 minggu sambil pengayaan materi lewat zenius diselingin sambil gitaran lagu galau lagi ahahahaha (kayanya ini kuncinya si).

Seminggu tersisa menuju UTBK 2, nah selama seminggu ini gua mulai mengurangi intensitas belajarnya. Dengerin podcast, nyambi baca-baca buku. Bahkan sehari sebelum UTBK 2 , gua sempetin buat cabut ke gultik blok M sambil survey tempat UTBK 2.

UTBK 2 pun dimulai, gua kebagian tempatnya di SMKN 46 Jakarta. Dan alhamdulillahnya, ini ruangan ga terlalu dingin dan kane banget. Suasana ga negangin ga kaya pas di UI gila gilaan. Walaupun gitu, gua tetep ga terlalu PD sama UTBK 2 gue sih saat itu. dan skor UTBK 2 keluar, skor rata-rata 8 subtest gue adalah 675an. 

oh iya,gua juga denger soal rasionalisasi-rasionalisasi itu. Tapi sejujurnya gua ga terlalu berminat buat ikut begituan si. Yang gua lakuin cuma nyari info perkiraan passing grade yang tersedia di tahun sebelumnya. Dan 'Take it or leave it'.

Palingan kalo soal saran jurusan, gua konsultasi ke 'Mbah'-nya segala mbah-mbah, Google. Oh iya, gua juga ikut rasionalisasi di zenius.net waktu itu buat cek ombak aja.

dan pada pendaftaran SBMPTN , gue milih di pilihan 1 Geografi UI dan di pilihan 2 Geografi Lingkungan UGM. 

Ya, betul agak risky kan naro 2 univ itu di SBMPTN, tapi karena gua orangnya take it or leave it, gue ambil.

Dan setelah pendaftaran itu, gua tetep persiapan buat mandiri. just in case gua ga dapet itu sbmptn gua ada bekal buat ikut mandiri. 

Sebulan waktu tersisa menjelang SIMAK, sambil menunggu hasil dari SBMPTN dan doa. Gue belajar intensitas biasa aja banget, sekali lagi sambil gitaran lagu galau kadang kadang. Dan gua sadar, suara gua ga bagus bagus amat wakakwakw.

Persiapan simak tersisa 2 minggu, hari itu juga ada pengumuman SBMPTN. Saat itu gue sedang liburan gitu. Pengumuman dibuka jam 15:00. Dan pas banget jam segitu, gua mulai mendengar kabar dari temen temen gue yang diterima, ada juga yang masih harus mencoba mandiri. Gue , masih mengulur ngulur waktu buat buka pengumumannya.

Gua harus mempersiapkan diri sesiap mungkin nerima apapun yang gua dapat, toh gua udah persiapan buat mandiri juga. Akhirnya gua buka dannn .....


 
Alhamdulillahnya, gue diterima di pilihan pertama gue. 

Seneng bisa diterima di pilihan pertama gue. Tapi apakah belajar gue untuk mandiri sia sia? ya ngga lah

poin gue disini adalah berawal dari apapun elo, seberapa buruk kondisi lu saat memulai, tenang aja. Semua butuh proses brobro, nikmatin aja prosesnya. dalam prosesnya emang ga mudah, ada kalanya lu down liat temen lo udah masuk ptn, ada kalanya lo ga yakin sama kemampuan lo gapapa bro. santai aja. HIDUP KAN BAIK BAIK SAJA.

 eh sama satu lagi tips, cari motivasi tambahan dari siapapun; orang tua , temen, sahabat , pacar atau gebetan. 

tapi masuk PTN bukan akhir loh ya, ini si baru permulaan banget. Siapalah gue share share cerita begini.

Dan buat kalian yang masih harus berusaha di jalur mandiri, semangat bro. sekali lagi, nikmatin prosesnya aja. give yourself a rest for a moment, tapi jangan lama lama bro. Ada yang nunggu kabar baik dari lo semua. 

Terakhir gue mau makasih buat semua pihak yang udah membantu gue dari jaman gue gobl*k setengah mampus , sampe sekarang udah sedikit tercerahkan. Bang sabda yang suaranya sampai saat ini masih terngiang-ngiang di kepala gue, dan tutor yang laennya. 

Bahkan sekarang karena zenius juga, gue lagi belajar ekonomi karena pas nonton film korea 'Default'  film yang bahas tentang krisis ekonomi di korea tahun '90an, gua bingung setengah mampus. Zenius juga udah membuka mata gua, bahwa ilmu itu sifatnya universal ga terikat dengan apapun. Entah elo jurusan IPA tapi mau belajar IPS ya sabi-sabi aje, tergantung elo-nya mau apa engga.
 
SUKSES SEMUANYA YAAA :) Cheers.



 
Share:

1 comment:

  1. Keren banget kak! Aku yg tadinya insecure mulu jadi lebih semangat setelah baca ini. Makasih banyak kak, semoga aku bisa nyusul di UI juga nanti aamiin

    ReplyDelete